Belajar Maintanance bagi Pemula

hay guys selamat malam kali ini saya akan menuliskan tentang belajar Maintanance Hardware. bagi seorang yang masih pemula atau masih baru belajar  pasti akan bertanya-tanya apa itu maintance harware? tenang ga usah khawatir karna sebentar lagi saya akan menjelaskan apa itu maintanance. dalam bahasa inggris maintanane sendiri memiliki arti perawatan/penjaaan. perawatan komputer ini dibagi menjadi 2 yaitu :
  1. maintance software yang biasanya dikerjakan dalam maintance software adalah update software seperti antivirus, program dan aplikasi, Sistem Operasi, dan file-file lainnya.
  2.  maintanance hardware adalah kegiatan perawatan teknis terhadap semua bagian perangkat keras dari komputer, mulai dari pembersihan bagian bagian CPU, monitor, perangkat input, perangkat cetak dan perangkat jaringannya.

7 Komponen pokok pada sebuah Komputer
  1. Mother Board
    Motherboard adalah perangkat keras komputer yang memiliki peran utama dan paling vital. Di mana di dalam cara kerjanya, motherboard mengemban tugas untuk mengatur hal-hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor, dan Additional card (PCI, ISA).
  2. Prosesor
    Prosesor adalah komponen komputer yang merupakan sebagai otak yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama perangkat komputer lainnya, satuan kecepatan dalam Prosesor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu Prosesor maka akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses.
  3.  RAM
    RAM adalah bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data. Kebanyakan dari RAM disebut sebagai barang yang volatile, dalam artian jika daya listrik dicabut dari komputer dan komputer tersebut mati, maka semua konten yang ada di dalam RAM akan segera hilang secara permanen.
  4. Hardisk
    Hardisk adalah salah satu komponen penting di dalam komputer yang fungsinya sebagai salah satu sumber daya penyimpanan data pada komputer. Hardisk merupakan sumber daya penyimpanan terbesar pada komputer,di dalam hardisk kita dapat menyimpan banyak data,bahkan software-software dan sistem operasi yang kita gunakan pada komputer bisa di simpan di hardisk ini.
  5.  VGA
    VGA adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. Kata “card” menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer anda. VGA ada terdiri dari berapa tipe,yaitu :
    1.  Intel
    2.  Ati
    3. Nvidia
  6. CD Room and Sound
    CD-ROM merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. CD-ROM juga berarti bahwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja.Sund adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Soundcard atau yang lebih kita kenal dengan kartu suara adalah suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia.

  7. Power Supply
    Power Supply adalah suatu hardware komponen elektronika yg mempunyai fungsi sebagai supplier arus listrik dengan terlebih dahulu merubah tegangannya dari AC jadi DC. Jadi arus listrik PLN yang bersifat Alternating Current (AC) masuk ke power supply, dikomponen ini tegannya diubah menjadi Direct Current (DC) baru kemudian dialirkan ke komponen lain yang membutuhkan. Proses pegubahan tegangan tersebut dilakukan karena hardware pada umumnya seperti komputer, hanya bisa bekerja dengna menggunakan arus DC. Ibaratnya makhluk hidup, power supply sama dengan jantung yang fungsi utamanya untuk memompa hasil proses pembentukan darah keseluruh tubuh yang memerlukannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Maintanance bagi Pemula"

Posting Komentar